Mengenal Istilah 'AIDA' dalam Digital Marketing




Dalam dunia digital marketing ada istilah AIDA  (Awareness, Interest, Desire dan Action), AIDA merupakan salah satu aktivitas digital marketing dan kerap digunakan oleh Digital Marketing Agency sebagai acuan strategi digital marketing.

Berikut ini penjelasan tentang AIDA:

- Awareness (Kesadaran) 

Kesadaran konsumen akan merek dagang (brand) Anda adalah salah satu tujuan utama dari promosi. Jika brand Anda telah dikenal luas, tentu akan memudahkan dalam hal promosi dan pemasaran. 

Contoh; Aqua, Aqua merupakan salah satu brand yang telah sukses membangun awareness di Indonesia, hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang menyebut merek minuman mineral botol (kompetitor Aqua), tetap dengan sebutan Aqua.


- Interest (Ketertarikan)

Ketertarikan dari konsumen biasanya akan muncul setelah konsumen mengetahui atau mengenal brand Anda dan mengetahui kualitas dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Untuk itu, selain terus melakukan digital campaign untuk meningkatkan awareness, Anda juga harus tetap menjaga kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan.


- Desire (Keinginan)

Pada tahapan ini biasanya telah timbul keyakinan dari konsumen sehingga mereka berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa yang Anda tawarkan. 


- Action (Tindakan)

Action adalah tindakan dari konsumen terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.


(Berbagai sumber)

1 komentar: